Macam-macam Metode Pembelajaran di Sekolah dan Luar Sekolah

Metode pembelajaran adalah metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar siswanya. Setiap metode ada fungsi dan tujuannya masing-masing, dan setiap macam metode pembelajaran memiliki kekurangan dan keleihan masing-masing. Tidak bisa dalam mengajar hanya menggunakan satu metode terus-terusan saja, karena siswa akan merasa jenuh dan bosan. Oleh karena itu sangat penting dalam mengkolaborasi atau mengganti metode dalam mengajar.

Berikut dapat aku paparkan macam-macam metode pembelajaran yang efektif buat bisa dilaksanakan. Khususnya para pendidik atau serta para calon pendidik. sejauh ini kita cuma familiar atau bahkan senantiasa cuma memakai metode seperti ceramah. padahal sangat banyak tidak cuma metode tersebut yg bisa diperlukan dan efektif dalam business meningkatkan pemahaman peserta didik kepada materi yg kita sampaikan & kepada hasilnya maksud dari pembelajaran yg telah kita tetapkan di awal tercapai dgn baik & dapat tecipta pembelajaran yg bermutu pun tercipta pengalaman-pengalaman yg menarik.

Baca juga : Karakteristik Ideal Guru Profesional

Setelah Itu kamu akan mengklik metode dibawah ini, dikarenakan dalam micro teaching di list mata kuliah aku & termasuk juga kedalam pembahasan kependidikan menjadi disini dapat dijelaskan dengan cara singat buat masing-masing metode tersebut.

  1. Example non example - Sample bakal dari kasus/ gambar yg relevan bersama KD
  2. Picture non picture
  3. Numbered heads together - (kepala bernomor, spencer kagan 1992)
  4. Cooperative script - (dansereau cs 1985)
  5. Kepala bernomor struktur - (modifikasi dari number heads)
  6. Student teams- achievement divisions (stad) - tim peserta didik group prestasi
  7. Jigsaw -model tim ahli - (aronssn – braney – stephen – sikes – and snapp 1978)
  8. Problem based introduction (pbi) - pembelajaran berdasarkan masalah
  9. Artikulasi
  10. Mind mapping
  11. Make – a match - mencari pasangan (lorna curran 1994)
  12. Think pir and berbagi
  13. Debate
  14. Role playing
  15. Grup investigation - sharan 1992
  16. Talking stick
  17. Bertukar pasangan
  18. Snowball throwing
  19. Student facilitator and explaining - siswa/ peserta mempresentasikan ide/ opini kepada sohib peserta yang lain
  20. Course review horay
  21. Demonstration & eksperimen - ( kusus materi yg memerlukan peragaan atau percobaan contohnya gussen )
  22. Explisit instruction - pengajaran serentak ( rosenshina and stevens 1986 )
  23. Cooperative integrated reading and composition (circ) - kooperative membaca & menulis(steven and slavin 1995)
  24. Inside-outside-circle (lingkaran kecil-lingkaran agung) - oleh spencer kagan
  25. Cooperative learning (tebak kata)
  26. Word square
  27. Scramble
  28. Take and give
  29. Consept sentences
  30. Complette sentence
  31. Time token arend 1998
  32. Pair cecks spencer kagen 1993
  33. Round klub (keliling group)
  34. Tari bambu
  35. Dua tinggal dua tamu (two stray two stray)
  36. spencer kagan 1992)
  37. Struktural analitik sintetik (sas)
  38. Pembelajaran otentik (outentic learning)
  39. Numbered head together (nht)
  40. Inquiry
  41. Model pembelajaran terpadu
  42. Berbasis proyek & pekerjaan
  43. Pembelajaran berbasis jasa & layanan(service learning)