Cara Guru Memotivasi Siswanya

Adapun upaya-upaya yg sanggup dilakukan buat memotivasi anak dalam menempuh pendidikan dari sisi guru yaitu yang merupakan berikut :

1. Berikan angka

Angka dalam perihal ini yang merupakan simbol dari nilai gerakan belajarnya. Tidak Sedikit peserta didik yg justru utk mencapai angka/nilai yg baik. Maka yg dikejar hanyalah nilai ulangan atau nilai raport yg baik. Angka-angka yg baik itu bagi para peserta didik yakni motivasi menuntut ilmu yg amat kuat. Yg butuh diingat oleh guru, bahwa pencapaian angka-angka tersebut belum yakni hasil mempelajari yg sejati & bermakna. Harapannya angka-angka tersebut dikaitkan bersama nilai afeksinya bukan sekedar kognitifnya saja.

2. Hadiah

Hadiah mampu jadi motivasi mencari ilmu yg kuat, di mana peserta didik tertarik kepada bagian tertentu yg dapat diberikan hadiah. Tak begitu seandainya hadiah diberikan utk satu buah tugas yg tak menarik menurut peserta didik.

3. Kontes

Persaingan, baik yg individu atau grup, akan jadi fasilitas buat meningkatkan motivasi menuntut ilmu. Dikarenakan terkadang bila ada saingan, peserta didik bakal jadi lebih bersemangat dalam mencapai hasil yg paling baik.

4. Ego-involvement

Menumbuhkan kesadaran pada peserta didik biar merasakan pentingnya pekerjaan & menerimanya sbg tantangan maka bekerja keras yakni juga sebagai salah satu wujud motivasi yg pass mutlak. Wujud kerja keras peserta didik mampu terlibat dengan cara kognitif ialah bersama mencari trick buat mampu meningkatkan motivasi mempelajari.

5. Berikan Ulangan

Para peserta didik bakal giat menuntut ilmu apabila mengetahui dapat diadakan ulangan. Namun ulangan jangan sampai terlampaui tidak jarang dilakukan sebab dapat menjemukan & bakal menjadi kebiasaan belaka.

6. Mengetahui Hasil

Mengetahui hasil menggali ilmu dapat dijadikan sbg media motivasi mempelajari anak. Bersama mengetahui hasil belajarnya, peserta didik bakal terdorong buat menggali ilmu lebih giat. Terlebih bila hasil mencari ilmu itu mengalami kemajuan, peserta didik tentu bakal mengupayakan mempertahankannya atau bahkan termotivasi buat sanggup meningkatkannya.

7. Pujian

Bila ada peserta didik yg sukses menyelesaikan tugasnya bersama baik, sehingga butuh diberikan pujian. Pujian ialah wujud reinforcement yg positif & memberikan motivasi yg baik bagi peserta didik. Pemberiannya pun mesti terhadap saat yg sesuai, maka dapat memupuk suasana yg menyenangkan & mempertinggi motivasi menggali ilmu juga sekaligus bakal membangkitkan harga diri.

8. Hukuman

Hukuman ialah wujud reinforcement yg negatif, namun bila diberikan dengan cara sesuai & bijaksana, sanggup jadi fasilitas motivasi belajaranak. Oleh dikarenakan itu, guru mesti mendalami prinsip-prinsip pemberian hukuman tersebut.