Makna Karakter

Sebenarnya apa yg dinamakan karakter?
Kita lebih sering merancukannya bersama temperamen/kepribadian. Karakter ialah satu buah mutu yg dipunyai oleh satu orang yg membedakan ia dgn orang lain. Sementara temperamen merupakan sifay basic yg dipengaruhi oleh kode generika factor keturunan. Sedangkan kepribadian lebih mengarah ke adat yg kita tampilkan kala kita berada di tengah orang, seperti kiat kita berpakaian,berlangsung,berjabat tangan,senyum,dll.

Bedanya dgn sifat,temperamen, & kecerdasan, karakter bukanlah bawaan lahir. Dirinya dibentuk & ditumbuhkan lewat PROSES Mempelajari dalam kehidupan. Artinya karakter yg baik itu mampu dipunyai oleh seluruh orang.

PENTINGNYA KARAKTER
Sejak lalu karakter dianggap juga sebagai ukuran terpenting manusia. Tokoh-tokoh dalam dongeng kebanyakan tidak hanya punyai kapabilitas yg hebat tentu pun miliki tingkah laku yg baik. Sikap-sikap seperti keuletan,kejujuran,kesatria,kesabaran amat ditekankan. Tapi dikala masuk jaman industri, diawal abad 20, kapabilitas(kompetensi) jadi ukuran utama. Industrialisasi menuntut skill yg lebih tinggi. Karakter jadi terabaikan. Kepada periode saat ini, IQ jadi lebih diperhatikan sebab dianggap dapat menggambarkan potensi kompetensi manusia. Akibatnya, tidak dengan sadar orang lebih mengagungkan sesuatu yg bersifat fisik & materi. Jadilah tidak sedikit orang cerdas di negara kita yg tak berkarakter. Padahal kompetensi tidak dengan karakter yang baik, ibarat pisau di tangan anak mungil. Membahayakan!!

Perjalanan hidup membuktikan hanyalah beberapa orang yg mempunyai karakter baik yg hasilnya dapat bersi teguh di musim susah. Kecerdasan & karisma bisa saja dapat mengambil satu orang ke puncak keberhasilan. Tapi, cuma karakter yg mampu menciptakan satu orang berkukuh di puncak!! Mutu suatu karakter bakal kelihatan saat seorang mengalami tekanan, tantangan & kesusahan. “Seseorang yg berkali-kali menang melintasi kesusahan dapat mempunyai mutu yg baik. Tak ada mutu yg tak diuji. Ujian dapat berupa tantangan, tekanan, kesusahan, halangan, penderitaan, dll yg tak kita sukai. Kalau kita sukses melewatinya, terkecuali sekali namun berkali-kali sehingga kita bakal mempunyai mutu tersebut.

TERBENTUKNYA KARAKTER
Sebab bukan bawaan lahir, karakter mampu ditumbuhkan & dipengaruhi oleh tidak sedikit elemen.
Ada 5 factor yg menempa karakter adalah :
1. Temperamen basic kita. Dominan, intim, stabil, cermat.
2. Keyakinan kita. Apa yg kita percayai.
3. Pendidikan & pengetahuan
4. Motivasi & semangat hidup
5. Perjalanan. Apa yg sudah kita alami, periode dulu, pola asuh, lingkungan kita. Lingkungan miliki andil teramat utama dalam mencetak karakter!!

Perlu MENTOR
Dalam prakteknya, karakter yg baik, solid & teruji benar-benar tak akan terbentuk dgn sendirinya & mesti lewat proses. Dalam proses itu kita membutuhkan mentor (guru). Butuh satu orang pembina yg mengarahkan & memberitahukan kekeliruan & kelemahan karakter kita. Sedikitnya kita butuh miliki 8 mentor dalam kehidupan kita. Carilah & dapatkan mentor bagi karakter Kamu.
Berapa lama buat menumbuhkan & mencetak karakter? Jawabannya : SEUMUR HIDUP!!

KARAKTER Yg Mengambil Kesuksesan :
1. Integritas. Dapat mengintegritaskan kebajikan dalam ia.
2. Tetap : Ulet, patuh aturan
3. Empati : Mengasihi sesama seperti diri sendiri.
4. Tahan uji : Masihlah tabah & membawa hikmah kehidupan bersama trick bersyukur.
5. Beriman : Yakin bahwa Tuhan terlibat dalam kehidupan kita.